SELAMAT DATANG

Welcome To My Blog, I Hope You Are Interested and Enjoy It With Me. Certainly, We Can Learn To Each Other. Hehehe...
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 22 Mei 2010

Jurus u Mencari Sekolah

JURUS JITU MENCARI SEKOLAH
Oleh : Nurul Dini Hardiani, S.Pd
Pengajar di SMP N 1 Padamara

Meski penerimaan siswa baru masih beberapa bulan lagi, tetapi biasanya para orang tua sudah mulai mengintip dan mengelus elus sekolah yang dipercaya bisa membawa putra putrinya ke dalam masa depan yang cerah. Ada beberapa panduan yang perlu diketahui oleh para orang tua ketika mulai memilah milah sekolah mana yang pas dengan kondisi putra putrinya. Tentu sekolah unggulan yang menjadi prioritas pilihan. Sekolah yang unggul adalah sekolah yang bisa mencapai prestasi tertentu dalam output pendidikannya. Menurut Dinas Pendidikan Nasional, keunggulan yang dimaksud adalah dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, wawasan iptek yang mendalam dan luas, motivasi dan komitme yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan, kepekaan sosial dan kepemimpinan, disiplin yang tinggi yang ditunjang oleh kondisi fisik yang prima.
Hal yang selama ini menjadi salah kaprah dalam pemilihan sekolah adalah hanya semata mata melihat output dari hasil Ujian Nasional. Jika sekolah tersebut bisa meluluskan 100 % siswanya, dan sebagian besar bisa diterima dijenjang pendidikan favorit yang lebih tinggi,maka bisa dipastikan sekolah tersebut akan kebanjiran peminat. Wajar, karena selama ini memang kita melihat bahwa UAN adalah segala galanya. Padahal ini hanya salah satu indikator saja.Belum mencakup keseluruhan yang dimaksud dari sekolah unggulan.Menjadi tantangan bagi pendidik, bagaimana agar masyarakat melihat tidak hanya dari perspektif UAN, tetapi juga dari sisi lain yang lebih manusiawi semisal kepekaan sosial, kreativitas,atau kesesuaian sekolah dengan bakat dan minat calon anak didik.
Ada beberapa indikator sekolah unggulan yang bisa dijadikan patokan bagi para orang tua dalam memilihkan sekolah bagi putra putri tercinta, yaitu ;
Satu, input berupa siswa yang diseleksi secara ketat dengan menggunakan kriteria tertentu dan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan. Kriteria yang selama ini jamak digunakan antara lain: prestasi belajar yang berindikator pada angka raport, nilai ujian akhir murni, hasil test prestasi akademik, skor psikotes serta test fisik jika diperlukan. Sekolah yang tidak bisa menyaring siswa barunya karena suatu alasan tertentu, tidak menutup kemungkinan terjadi penurunan kualitas belajar, peningkatan kenakalan siswa, juga keputus asaan guru yang menangani. Kasus guru khilaf yang ringan tangan kepada siswa sering terjadi pada sekolah sekolah semacam ini.
Dua,sarana dan prasarana yang menunjang untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa serta menyalurkan minat dan bakatnya baik dalam kegiatan kurikuler dan extra kurikuler. Diharapkan siswa dengan segala kebutuhan, minat dan bakatnya bisa tersalurkan secara positif. Pilihan sekolah berbasis seni atau basis yang lainnya bisa menjadi pertimbangan tersendiri.Di Purbalingga sendiri ada sekolah berbasis seni semacam SMPN 1 Padamara, atau SMAN Rembang yang kondang akan film film pendek buatannya, atau SMPN 4 Purbalingga yang membuka kelas olahraga, dan masih banyak sekolah sejenis yang bertebaran di Purbalingga.
Tiga, lingkungan belajar yang kondusif untuk berkembangnya potensi keunggulan menjadi keunggulan yang nyata, baik lingkungan dalam arti fisik maupun sosial psikologis. Seluruh sekolah di Purbalingga sudah memiliki lingkungan yang baik yang mendukung seluruh kegiatan dalam proses belajar mengajar.
Empat, guru dan tenaga kependidikan terdiri atas guru yang unggul. Baik dari segi penguasaan materi pelajaran, penguasaan metode mengajar, maupun komitmen dalam melaksanakan tugas. Ada baiknya sekolah sering mengadakan layanan semacam in house training bagi para pendidik, selalu berusaha membina hubungan baik dan terjaga antar penghuni sekolah. Sehingga diharapkan materi,metode pengajaran, maupun komitmen dalam bertugas bisa saling bersinergi secara positif.Seiring dan sejalan bersama tanpa ada yang ketinggalan satupun. Sangat indah menyaksikan sekolah yang harmonis seperti ini
Lima, kurikulum yang diperkaya disamping berpegang pada kurikulum yang standar, dilakukan pengembangan dan improvisasi secara maksimal sesuai dengan tuntutan belajar peserta didik. Semisal, akan sangat menarik jika pelajaran Teknologi Informasi di luar jam sekolah diajarkan tentang internet, mulai dari cara berfacebookria, twitter,sampai membuat blog
Enam, rentang waktu belajar disekolah lebih panjang dibandingkan dengan sekolah lain.Anak didik seyogyanya merasa betah dan enjoy disekolah tanpa merasa terbebani,sehingga mereka selalu mencari kebutuhan belajar yang dapat dipenuhi oleh sekolah. Olahraga, teater, menari,membuat film, kepanduan,dapat membuat siswa asyik dengan dunianya.Selalu merasa ingin disekolah,akan membuat membuat akal terasah dengan baik. Hasilnya, mereka menjadi lebih unggul dibanding rekan sebayanya di lain sekolah. Prestasi demi prestasi tentu akan mudah mereka raih.
Tujuh, proses belajar mengajar berkualitas dan hasilnya selalu dapat dipertanggungjawabkan. Tertib dokumen menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Diperlukan kemauan yang keras mengingat guru sudah banyak disibukan dengan kegiatan belajar mengajar, dan segala polah tingkah anak didiknya
Delapan, adanya nilai lebih yang dapat dilihat dari perlakuan tambahan diluar kurikulum nasional, seperti program pengayaan dan perluasan materi, pengajaran remidial, pelayanan bimbingan dan konseling yang berkualitas, dan kegiatan extra kurikuler lainnya.
Sembilan, pembinaan kemampuan kepemimpinan yang menyatu dalam bentuk keseluruhan sistem pembinaan siswa, bukan sebagai materi pelajaran.
sepuluh, sekolah tunduk pada peraturan perundangan
Belajar disekolah lebih ditekankan pada proses belajar yang menggunakan daya akal (brain power) daripada daya fisik (physical power).
Tantangan dihadapi melalui sistem pendidikan nasional berwawasan keunggulan, kemampuan individu dalam menguasai ketrampilan dan keahlian dengan tidak meninggalkan jati diri bangsa.
Sudahkan anda menemukan sekolah yang dicari?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Masa Lalu

Masa Lalu
My Family

Saat Ocha mikir

Saat Ocha mikir
jagoanku

my super hero

my super hero
Saat Rifky masih kecil

Lets Go To Dream

Lets Go To Dream
my dream come true

Istana Wagub

Istana Wagub
cieee ...

mikir ......