SELAMAT DATANG

Welcome To My Blog, I Hope You Are Interested and Enjoy It With Me. Certainly, We Can Learn To Each Other. Hehehe...
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 31 Maret 2011

Fungsi Fiskal Ekonomi Publik

FUNGSI FISKAL
Sejatinya perekonomian kapitalis modern adalah suatu sistem interaksi campuran antara sektor pemerintah dan sektor swasta secara integral. Sektor pemerintah diperlukan antara lain disebabkan karena: Peraturan pemerintah dibutuhkan pada keadaan pasar faktor produksi dan barang konsumsi yang saling bersaing dengan penggunaan sumber daya yang seefisien mungkin, peraturan pemerintah juga dibutuhkan saat persaingan menjadi tidak efisien, operasi pasar tidak akan terjadi tanpa adanya proteksi dan pemaksaan dari pemerintah, barang tidak dapat disediakan melalui pasar, nilai pasar, sistem pasar,dan perlunya kesamaan pandangan antara pemerintah-swasta terhadap tingkat diskonto untuk menilai konsumsi di masa yang akan datang.
Fungsi Alokasi
Barang dan jasa yang tidak dapat disediakan oleh system pasar ini disebut barang public, yaitu barang yang tidak dapat disediakan melalui transaksi antara penjual dan pembeli.sistem pasar tidak dapat menyediakan barang/jasa tertentu oleh karena manfaat dari adanya barang tersebut tidak hanya dirasakan secarapribadi akan tetapi dinikmati oleh orang lain. Hubungan antara produsen dan konsumen terputus, sehingga pemerintah harus bersedia memproduksi barang tersebut. Jadi pemerintah harus mengambil tindakan apabila pasar tidak mampu menangani situasi. Barang sosial, disediakan (bukan diproduksi) oleh pemerintah. Konsekuensinya barang barang tersebut dibiayai melalui anggaran dan disediakan secara gratis.
Fungsi Distribusi
Distribusi pendapatan dan kekayaan yang ditimbulkan oleh sistem pasar mungkin dianggap oleh masyarakat sebagai tidak adil. Masalah keadilan dalamdistribusi pendapatan merupakan masalah yang rumit dalam ilmu ekonomi.
Pemerintah berupaya untuk mendistribusikan pendapatan atau kekayaan agar supaya masyarakat sejahtera. Tetapi bagaimanapun juga upaya ini tidaklah mudah karena banyak factor yang mempengaruhi perolehan pendapatan, misalnyakepemilikan factor produksi, permintaan dan penawaran factor produksi, system warisan dan kemampuan seseorang. Distribusi pendapatan dan kekayaan melalui pasar walau efisien namun tidak adil. Oleh karena itu pemerintah harus campur tangan.
Instrumen fiskal dari kebijakan distribusi bisa berupa: (1) penggabungan antara pajak progresif bagi warga berpendapatan tinggi dan subsidi bagi warga berpendapatan rendah, (2) pajak penghasilan progresif yang digunakan untuk membiayai pelayanan umum, dan (3) kombinasi natara pajak barang yang dibeli konsumen berpendapatan tinggi dengan subsidi barang bagi konsumen berpenghasilan rendah.
Fungsi Stabilisasi
Instrumen kebijakan stabilisasi ada pada kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Pada kebijakan moneter, pemikiran tentang cadangan wajib, tingkat diskonto, kebijakan pasar terbuka, pengendalian kredit selektif, merupakan komponen yang sangat diperlukan dalam kebijakan stabilisasi
Pemerintah dengan kebijaksanaan fiscal perlu mempertahankan ataumencapai tujuan seperti kesempatan kerja yang tinggi, stabilitas tingkat harga,rekening luar negeri yang baik serta tingakt pertumbuhan yang memadai. Pada pemerintahan modern saat ini, hampir semua Negara menyerahkan roda perekonomian kepada pihak swasta/ perusahaan. Pemerintah lebih berperan
sebagai stabilisator, untuk menjaga agar perekonomian berjalan normal.

SEKTOR PEMERINTAH DI DALAM PEREKONOMIAN NASIONAL
Sektor Pemerintah Dalam Perhitungan Pendapatan Nasional.
Sektor pemerintah di dalam produk nasional bruto dapat dilihat sebagai pengeluaran agregat untuk output yang diproduksi pada tahun berjalan. Sumbangan pemerintah terhadap pengeluaran ini berupa pembelian barang dan jasa.
1. Pembelian faktor produksi versus pembelian produk. Pemerintah berperan sebagai produsen dengan menghasilkan kurang lebih setengah dari barang dan jasa yang disediakan oleh anggaran negara
2. Porsi untuk konsumsi versus versi untuk investasi.
3. Porsi untuk konsumen versus porsi untuk perusahaan.
Selain sektor tersebut diatas,yang perlu diperhatikan pula adalah sektor pemerintah di dalam pendapatan nasional, dalam pendapatan perseorangan, dan dalam pendapatan disposabel.

LEMBAGA LEMBAGA FISKAL
Penelitian terhadap struktur fiskal Amerika Serikat
Kebijakan fiskal merujuk pada kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan (berupa pajak) pemerintah. Kebijakan fiskal berbeda dengan kebijakan moneter, yang bertujuan men-stabilkan perekonomian dengan cara mengontrol tingkat bunga dan jumlah uang yang beredar. Instrumen utama kebijakan fiskal adalah pengeluaran dan pajak. Perubahan tingkat dan komposisi pajak dan pengeluaran pemerintah dapat memengaruhi variabel-variabel berikut:
 Permintaan agregat dan tingkat aktivitas ekonomi
 Pola persebaran sumber daya
 Distribusi pendapatan
Struktur fiskal di AS didesentralisasikan dengan 60% pengeluaran pemerintah dilakukan pada tingkat federal, 18% di tingkat negara bagian,22% di tingkat lokal.Sedangkan penerimaan dari masyarakat lebih disentralisasikan. Setiap tingkatan pemerintahan mempunyai struktur pengeluaran yang berbeda. Tanggung jawab utama bagi penyiapan anggaran terletak pada eksekutif, sedangkan pengelolaan hutang dilakukan oleh Departemen Keuangan. Akan tetapi persyaratan pinjaman sangat tergantung pada kebijakan moneter yang diemban bank sentral. Maka, gubernur bank sentral mempunyai peranan yang setara dengan departemen keuangan dalam mengelola hutang pemerintah.

PENYEDIAAN BARANG SOSIAL OLEH PEMERINTAH
Barang Sosial dan Kegagalan pasar
Kegagalan pasar adalah sebuah konsep dalam teori ekonomi dimana alokasi barang dan jasa oleh pasar bebas tidak efisien. Artinya, terdapat hasil lain yang mungkin di mana 'keuntungan secara keseluruhan pelaku pasar dari hasil yang akan lebih besar daripada kerugian mereka (bahkan jika beberapa peserta kehilangan bawah pengaturan baru).
Pasar yang bersaing dapat menjamin terlaksananya penggunaan sumber daya yang efisien dalam penyediaan barang pribadi, tetapi kegagalan pasar akan terjadi dalam penyediaan barang sosial. Karena jumlahnya yang sangat besar, konsumen perorangan tidak akan melakukan penawaran pada barang sosial tetapi akan bertindak sebagai free riders.
Penyediaan Barang Sosial
Barang publik dapat dibedakan dengan barang swasta. Barang publik di konsumsi oleh lebih dari satu orang pada waktu yang sama, dan sulit untuk mengecualikan masyarakat untuk menikmati manfaat barang publik karena tidak membayar. Barang swasta sebaliknya tidak menawarkan konsumsi bersama. Konsumsi barang swasta oleh satu orang tidak dimungkinkan di konsumsi orang lain. Juga mudah mengecualikan orang yang tidak membayar dari konsumsi barangswasta.
Secara umum, kita berharap pasar swasta menyediakan barang swasta dan proses politik untuk menjamin penawaran barang publik. Kita tidak memperhitungkan pasar swasta utk menyediakan barang publik secara memadai, karena kita berharap bahwa dalam pasar swasta ada kecenderungan masyarakat untuk menjadi penumpang gratis untuk manfaat barang-barang yang tidakdapatmerekatolak.
Kita dapat mendefinisikan kondisi efisiensi untuk barang swasta dan barang publik. Untuk barang swasta, jumlah efisien terjadi bila harga pasar sama dengan biaya produksi marjinal dan manfaat marjinal yang dinikmati setiap konsumen. Untuk barang publik murni yang harus dinikmati bersama oleh semua konsumen. Efisiensi perlu bahwa jumlah manfaat marjinal barang yang diterima masyarakat sama dengan biaya marjinalnya.
Pasar swasta dan pertukaran sukarela dibutuhkan untuk menyediakan barang swasta, dan kadang-kadang mereka dibutuhkan untuk menyediakan barang publik murni. Tapi, bila jumlah orang yang berbagi barang publik sangat banyak, maka membutuhkan pemerintah.
Barang barang campuran
Barang barang campuran meliputi barang pribadi yang memberikan manfaat eksternal atau menimbulkan biaya eksternal sehingga memerlukan koreksi melalui pajak atau subsidi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Masa Lalu

Masa Lalu
My Family

Saat Ocha mikir

Saat Ocha mikir
jagoanku

my super hero

my super hero
Saat Rifky masih kecil

Lets Go To Dream

Lets Go To Dream
my dream come true

Istana Wagub

Istana Wagub
cieee ...

mikir ......